Pengertian Host Name dan Domain Name

Nama Host atau Domain Name adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama. Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.

Nama domain (bahasa inggris : domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun Internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikujungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dinekal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contoh “pupara.com”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain. Sitem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Untuk melengkapi pembahasan mengenai Nama Domain (Domain Name) maka saya akan buatkan list exstensi domain sesuai ejaan abjad dari berbagai negara beserta kepanjangannya, mari cekidot di bawah ini :

.ac - Ascension

.ad - Andorra

.ae - Unit Emirat Arab

.af - Afganistan 

.ag - Antigua dan Barbuda

.ai - Anguilla

.al - Albania 

.am - Armenia 

.an - Antillen Belanda                

.ao - Angola

.aq - Antartika         

.ar – argentina 

.as – Samoa Amerika                   

.at – Austria

.au – Australia      

.aw – Aruba

.ax – Aland .gy - Guyana

.az – AzerBaijan                                  

.br - Brasil

.bh - Bahrain

.bd - Bangladesh

.ca - Canada

.ch - Swiss

.cl - Chili

.cn - Republik Rakyat Tiongkok

.de - Jerman

.dk - Denmark

.dz - Aljazair

.ec - Ekuador

.fj - Finlandia

.ge - Geordia

.hk - Hongkong

.id - Indonesia

.jo - Jordania

.ke - Kenya

.lb - Lebanon

.ma - Maroko

.np - Nepal

.om - Oman

.pk - Pakistan

.qa - Qatar

.ru - Rusia

.sa - Saudi Arabia

.tr - Turki

.ua - Ukraina

.uk - Inggris

.us - Amerika Serikat

.va - Vatikan

.ws - Samoa

.ye - Yaman

.za  - Afrika Selatan

Itu dia gan jenis-jenis exstensi domain, sebenarnya untuk exstensi domain masih cukup banyak sekali gan, cuman kenapa tidak saya masuin semua, alasannya karena cukup banyak gan, jadi saya masuin yang menurut saya negara tersebut tidak asing dari telingan kita, contohnya aja .ID Indonesia gan, hehehehehe.
Sekian yang dapat saya sharing, semoga dapat menambah pengetahuan kita mengenai apa itu Host Name dan Domain Name, Terimaksih sudi kiranya atas kunjungan agan-agan ke artikel yang sederhana ini.

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, Mohon maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, *BAT, PERJUDIAN, HACK, dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.!!!
EmoticonEmoticon