Pengertian dan Fungsi SPEAKER - (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

A). SPEAKER


Secara umum pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengelurkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.
Mengenal apa itu Speaker
Mengenal apa itu Speaker
Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.

Pada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.

Speaker yang kita jumpai pada perangkat komputer pada umumnya sudah dilengkapi dengan audio sistem yang ada di dalamnya. Sedangkan speaker pada pesawat radio, televisi, dan perangkat lainnya biasanya berupa speaker terpisah tanpa penguat audio.

B). WEBCAM

Webcam atau web camera adalah sebuah kamera vidio digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) Port USB ataupun port COM.

Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan, Ada juga MetroCam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.
Mengenal WebCame
Mengenal WebCame
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar ; Casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lobang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar ; kabel support, yang dibuat dari bahan fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.

Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus atapun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet.

Teknologi web camera pada awalnya mendapat dukungan komersial dari industri pornografi. Industri ini membutuhkan gambar-gambar 'live' dan meminta pembuatan software yang mampu melakukannya tanpa web browser plugins.

Hal ini melahirkan teknologi live streaming webcam yang masih tetap ada hingga sekarang. Dan sekarang ini web camera yang ada dipasaran pada umumnya terbagi kedalam dua tipe : web camera permanen (fixed) dan revolving web camera. Pada web camera permanen terdapat pengapit untuk mengapit lensa standar di posisi yang diinginkan untuk menangkap gambar pengguna. Sedangkan pada revolving web camera terdapat landasan dan lensa standar dipasang di landasan tersebut sehingga dapat disesuaikan ke sudut pandang yang terbaik untuk mengkap gambar pengguna.

Web camera memiliki fitur-fitur dan setting yang bermacam-macam, diantaranya adalah :

1.Motion Sensing
Camera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.

2.Image Archiving
Pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.

3.Vidio messaging

Beberapa program messaging mendukung fitur ini.

1.Advanced Connections
Menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun nirkabel.

2. Automotion - Kamera
Robotik yang memungkinkan pengambilan gambar sacara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.

3. Streaming media
Aplikasi professional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan vidio yang sesungguhnya.

4. Custom Coding
Menginport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).

5. AutoCam - memungkinkan
Pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera. Dengan semakin banyaknya pengguna web camera di seluruh dunia, web site aggregator pun muncul. Web site ini memungkinkan pengguna untuk menemukan live vidio stream berdasarkan lokasi ataupun kriteria lainnya. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi web camera. Secara fisik, kamera-kamera yang beredar di pasaran memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan personal pengguna karena disennya yang cukup bergaya namun hanya memiliki sedikit variasi. Lalu, sudut pandang web camera disesuaikan tidak langsung dalam cara yang tidak nyaman. Dan juga pengguna banyak menemui kesulitan ketika menyesuaikan posisi web camera untuk menangkap gambar.

Permasalahan lainnya adalah sebuah program yang dinamakan 'Trojan Horse', program ini memungkinkan hacker untuk mengaktifkan web camera tanpa sepengetahuan pengguna kamera. sehingga hacker dapat mengambil gambar live vidio dari sang pengguna kamera. Untuk menanggulanginya, kamera-kamera dilengkapi penutup lensa ataupun lampu LED yang akan menyala jika kamera dalam keadaan aktif.

Referensi :

1 ^ Speaker. ISBN : 602-7674-18-0.
2. ^ WebCam. ISBN : 602-7674-18-0.

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, Mohon maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, *BAT, PERJUDIAN, HACK, dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.!!!
EmoticonEmoticon