Apa Itu Heatsink (Pendingin) - (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

1) Heatsink (Pendingin)

Heatsink adalah logam yang terbuat dari aluminium atau tembaga, yang biasa ditemukan di atas processor yang menancap di motherboard fungsi dari Heatsink ini adalah untuk menjaga suhu / pendingin processor, dengan adanya heatsink ini suhu processor bisa stabil dan meminimalisir terjadinya komputer me-restart sendiri karena processor yang terlalu panas.
Apa Itu Heatsink
Apa Itu Heatsink
Heatsink dapat digunakan tanpa tambahan perangkat pendinginan lain seperti kipas dan air atau disebut dengan pasif cooling, penggunaan pasif cooling banyak diaplikasikan pada chipset mainboard, VGA, PWM dan chipset memory. Dan ada pula macam-macam komponen penyusunannya sebagai berikut :
1. Silver/Perak dan emas memiliki tingkat konduktivitas tertinggi tetapi dengan harga yang sangat mahal maka tidak dimungkinkan para produsen untuk membuat dan memasarkan produk pendingin dengan bahan dasar ini.

2. Copper atau Tembaga memiliki konduktivitas tertinggi ke-dua sehingga penyerapan panasnya juga baik. Tembaga memiliki sifat menyerap panas dengan cepat tetapi tidak bisa melepaskan panas dengan cepat sehingga bisa terjadi penumpukan panas pada 1 tempat. Selain itu kekurangan yang menyetainya yaitu memiliki berat yang lebih besar daripada aluminium, harga yang mahal, dan proses produksi yang rumit.

3.Aluminium memiliki tingkat konduktivitas di bawah tembaga sehingga penyerapannya kurang sempurna, tetapi memiliki kemampuan terbalik dengan tembaga, yaitu memiliki kemampuan melepeas atau mengurangi panas dengan baik tetapi bahan aluminium kurang baik dalam penyerapan panas dan memiliki harga yang lebih rendah dengan berat yang ringan.

4. Penggabungan antara kedua material tersebut merupakan kombinasi yang sangat baik. Disitu sisi tembaga dapat menyerap panas dengan cepat dan diisi lain aluminium dapat melepaskan panas yang diserap oleh tembaga . Kombinasi ini digunakan oleh para produsen heatsink untuk memproduksi produk heatsink mereka dengan kombinasi 2 material pendingin ini.

2) Macam-Macam Heatsink

  • Heatsink fan (HSF)
Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. Pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.

  • Water Cooling
Teknik pendinginan CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air) yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling. Peralatan biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait processor di motherboard, pompa air, dan raditor.
  • Dry ice dan nitrogen cair
Prinsip pendinginan tipe ini sangat simpel, processor yang akan didinginkan ditempelkan langsung dengan dasar tabung tembaga (bonk) yang artinya bonk tersebut akan diisi dengan dry ice atau nitrogen cair.

  • Phase-change cooler
Pendingin tipe ini serupa dengan pendingin yang digunakan pada kulkas dimana pendingin akan didorong dengan kompressor.
  • TEC (Thermoelectric Cooler)
Prinsip kerja pendingin ini adalah dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga disatu sisi logam akan dingin dan disisi logam yang lain akan panas.

Referensi :

1. ^ Heatsink (Pendingin), ISBN : 602-7674-18-0.

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, Mohon maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, *BAT, PERJUDIAN, HACK, dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.!!!
EmoticonEmoticon