Pengertian LAN Card dan Fungsinya - (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

A) Lan Card

Pengertian LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil. Jaringan LAN biasanya hanya mencakup satu gedung atau rumah, misalnya jaringan LAN di Kantor, hotel, Bandara, warnet, atau di dalam rumah.

Pengertian LAN Card dan Fungsinya
Pengertian LAN Card dan Fungsinya

Pada sebuah jaringan LAN, Kecepatan transfer datanya dalam kisaran 10, 100, atau 1000 Mbit/second. Teknologi yang paling banyak digunakan dalam jaringan LAN adalah teknologi IEEE 802.3 Ethernet di mana hardware yang digunakan biasa di sebut LAN card.

Fungsi LAN card atau fungsi ethernet card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN, melalui LAN ini setiap komputer dapat saling bertukar data maupun mengakses perangkat keras seperti printer, tentu saja untuk saling dapat bertukar informasi antar komputer diperlukan setting tertentu. Lan card juga fungsinya sama dengan lan port, Lan Card biasanya di gunakan untuk komputer yang fungsi sebagai jaringan lokal, karena untuk membagi client yang akan terhubung dengan roter tersebut.

B) Pengertian Keyboard

Keyboard adalah bagian paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angkar, karakter khusus serta sebagai media bagi pemakai untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Pengertian Keyboarrd dan Fungsinya


Keyboard komputer diciptakan dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington.

Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY , pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standart Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 404 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :

1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1. Typewriter Key
2. Numeric Key
3. Function Key, dan
4. Special Function Key.

Referensi :

1. ^ Lan Card. ISBN : 602-7674-18-0.

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, Mohon maaf komentar yang berbau P*RN*GRAFI, *BAT, PERJUDIAN, HACK, dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan.!!!
EmoticonEmoticon